Select Page

Di Hari Kebangkitan Nasional Ke – 111, Bupati Bogor Ingatkan Kembali Semangat Gotong Royong

Di Hari Kebangkitan Nasional Ke – 111, Bupati Bogor Ingatkan Kembali Semangat Gotong Royong

KABUPATEN BOGOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengelar upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-111, bertempat di Lapangan Tegar Beriman Cibinong, pada Senin (20/5).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bogor, Ade Yasin menjadi Inspektur upacara. Dalam kesempatan tersebut hadir Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan dan Unsur Muspida Kabupaten Bogor

Bupati Bogor, Ade Yasin dalam amanatnya saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara mengatakan peringatan Hari kebangkitan Nasional yang ke-111, 20 Mei 2019, kali ini sangat relevean jika dimaknai dengan teks sumpah palapa tersebut. Kita berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita.

“Sampai sekarang ini tahap-tahap pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota legislatif berlangsung dengan lancar. Kelancaran ini juga berkat pengorbanan banyak saudara-saudara kita yang menjadi anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara, bahkan berupa pengorbanan nyawa, sungguh mulia perjuangan mereka untuk menjaga kelancaran dan kejujuran proses pemilu ini,” katanya.

Ia juga melanjutkan telah lebih satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi boedi oetomo. Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkah bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia, kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini.

“Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia,” ujarnya.

Ade Yasin juga menuturkan meski kita gali dari kearifan nenek moyang kita yang telah dipupuk selam berabad-abad, namun sejatinya jiwa gotong royong bukanlah semangat yang sudah renta. Sampai kapan pun semangat ini akan senantiasa relevan, bahkan semakin mendesak sebagai sebuah tuntutan zaman yang sarat dengan berbagai perubahan dengan bertumpu pada kekuatan jumlah sumberdaya manusia dan populasi pasar, Indonesia diproyeksikan akan segera menjemput harkat dan martabat baru dalam aras ekonomi dunia.

“Bersama negara-negara besar lainnya seperti Tiongkok, Amerika serikat, India, Ekonomi Indonesia akan tumbuh menjadi sepuluh besar, bahkan lima besar dunia, dalam 10 sampai 30 tahun mendatang. Kuncinya terletak pada hasrat kita untuk tetap menjaga momentum dan iklim yang tenang untuk bekerja. Kita harus jaga suasana selalu kondusif penuh harmoni dan persatuan,”tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bogor, Ade yasin memberikan santunan kepada keluarga anggota petugas KPPS yang meninggal dunia saat bertugas di Kabupaten Bogor. (*)

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *