Mobil Pribadi Akan Dilarang Lintas Puncak

BOGOR (Headlinebogor.com) – Sebelumnya pasca kecelakaan beruntun yang terjadi di daerah puncak, kendaraan roda 6 atau lebih dilarang melintas kawasan puncak. Kini kendaraan pribadi akan dilarang masuk puncak.

Pemerintah Kabupaten Bogor sudah menyiapkan lahan parkir untuk wisatawan yang berkunjung ke puncak di daerah Cibanon, Kecamatan Sukaraja. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan transportasi umum seperti bus. Namun demikian bus yang akan beroprasi melintasi kawasan puncak akan di cek standar keamanannya demi mencegah laka lantas di puncak. Selain itu pelarangan mobil pribadi melintas puncak ini juga untuk mengurai kemacetan yang tak asing di kawasan wisata tersebut.

Ajat Jatnika, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Bappeda dan Litbang Kabupaten Bogor, selebar apapun jalur puncak hingga upaya rekayasa lalu lintas tidak akan mengurangi kemacetan. Maka dari itu pelarangan serta menyediakan lahan parkir untuk kendaraan roda empat disediakan. Pungkas Ajat, luas lokasi parkir di Cibanon tersebut mencapai dua hektare. Namun demikian kawasan tersebut saat ini masih dipakai sebagai lahan persewaan.

Bacaan Lainnya

 

(Anugrah Pratista)