Select Page

Pendampingan Kurikulum 2013 Induk Klaster SMP Tonjong | Headline Bogor

Pendampingan Kurikulum 2013 Induk Klaster SMP Tonjong | Headline Bogor

KABUPATEN BOGOR – Guna mensukseskan program pemerintah melalui Dinas Pendidikan untuk mensosialisasikan Kurikulum 2013, Induk Klaster laksanakan kegiatan Pendampingan Kurikulum 2013, kegiatan pendampingan dilaksanakan selama dua hari, 30 dan 31 Juli 2018.

Kiswan Nurbiantoro. M.Pd dari SMPN 02 Citeureup yang juga Ketua Induk Klaster menyampaikan, kegiatan pendampingan Kurikulum 2013 yang dilaksanakan di SMP Tonjong berjalan lancar, walauoun sebaguan guru masih belum memahami Kurikulum 2013.

“Pelaksanaan Pendampingan inservice ini berjalan lancar, tanpa halangan apapun. Walau dilapangan banyak yang belum memahami, dalam hal pendampingan ini guru adalah sebagai sasaran pengarahan dan informasi tentang kurikulum 2013. Yang pada dasarnya sudah dilakukan sejak awal pemberlakuan kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 ini berlaku untuk sekolah- sekolah yang akan melaksanakan kurikulum 2013,” ujar Kiswan

Masih menurut Kiswan, untuk peserta kegiatan, setiap sekolah mengirimkan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum serta Guru Bidang.

“Dalam induk klaster setiap sekolah mengirimkan perwakilan yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum serta guru bidang , jadi satu sekolah mengirimkan 3 orang perwakilan untuk kegiatan seperti ini, dan untuk Kegiatan hari ini hanya pleno, dimana didalamnya ada dinamika perkembangan kurikulum, RPP, silabus dan lain lain. Untuk acara selanjutnya dikarenakan agenda di Induk klaster hanya dua hari,maka kita agendakan Team IK hari Senin ke sekolah untuk meninjau ke sekolah dengan memotret kesekolah yang termasuk induk kluster. Harapannya terus digalakan dan disosialisasikan hal kegiatan seperti ini, karena kemungkinan belum banyak yang melaksanakan kurikulum ini. Untuk pihak instansi kepala dinas pendidikan,saya harapkan untuk terus mensuport kita sebagai garda terdepan khususnya dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Bogor,” tambah Kiswan

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua penyelenggara Induk klaster SMP Tonjong Aming Budiawan. S.Pd

“Tujuan dari kegiatan ini adalah sosialisasi kurikulum 2013, yang nantinya akan di terapkan untuk kelas VII tahun ini. Sedangkan untuk peserta yang hadir disini terdiri dari 7 sekolah SMP Tonjong, SMP Insan Teladan, SMP IT Baitussalam, SMP Mentari, SMP Mitra dan SMP Insan Madani. Harapan saya apa yang didapat di kegiatan ini bisa dikembangkan dan diterapkan disekolah masing masing karena apa yang diinginkan oleh pemerintah bisa berjalan sesuai rencana.Harapan khususnya kepada pihak Dinas terkait untuk selalu memenuhi sarana dan prasarana dalam kegiatan mensosialisasikan kurikulum 2013,” ujarnya.

Salah satu peserta dari SMP IT Baitussalam Sri Metty Wulandari S.Pd, memgapresiasi kegiatan pendampingan tersebut, dengan harapan dengan Kurikulum 2013 tersebut kedepan tercipta siswa – siswi yang berkarakter serta berpikir kerotis.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mendukung penerapan kurikulum 2013 bisa berjalan dengan baik, dengan tujuan di abad 21 ini bisa terciptanya siswa siswi yang berkarakter, berpikir keritis. Dan harapan untuk selanjutnya kepada pihak guru guru yang sudah mengikuti kegiatan ini juga harus bisa bikin RPP pembelajaran dikelas, pada dasarnya sudah tahu tahapan tahapan yang akan dilakukan disekolahnya,” katanya.

Kegiatan pendampingan Kurikulum 2013 ini pun ditutup oleh pihak panitia pelaksana dan ketua IK dengan diakhiri berfoto bersama dengan seluruh peserta .

Dadan

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *