Pilkades Sukamakmur Berlangsung Sengit, Dua Calon Kades Bersaing Ketat

Dok. Proses penghitungan suara Pilkades di Desa Sukamakmur, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. (Herry/HeadlineBogor)

KABUPATEN BOGOR – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Sukamakmur, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, yang dilaksanakan pada Minggu, 12 Maret 2023 berlangsung sengit.

Betapa tidak, kontestasi politik tingkat desa yang diikuti 3 calon kades itu, dua diantaranya yaitu Budiman Budihdarma nomor urut 1, dan Sri Widiarti nomor urut 3 merupakan calon kuat dalam pilkades tersebut. Keduanya saling kejar dalam penghitungan suara untuk merebut kursi nomor satu di Desa Sukamakmur.

Mad Yusup selaku Panitia Pelaksana Pilkades Sukamakmur mengatakan, bahwa dirinya tidak bisa memprediksi calon mana yang lebih kuat, sebab dirinya hanya fokus terhadap kesekretariatan pelaksanaan pilkades.

Bacaan Lainnya

Namun demikian, jika melihat proses tahapan penghitungan suara dari ketiga calon, yang sering disebutkan calon nomor urut 1 dan nomor urut 3.

“Tetapi di sini, kami lebih melihat bahwa animo masyarakat dalam pilkades tahun ini begitu tinggi, sebab sebelum pencoblosan dimulai masyarakat sudah banyak mengantre di pintu masuk TPS untuk memberikan hak suaranya kepada 3 calon kades,” kata Yusup kepada wartawan, Minggu, 12 Maret 2023.

Ia menuturkan dalam pilkades ini terbagi 3 zona, dimana dari 3 zona tersebut terdapat 5, 6 dan 7 TPS, dari jumlah total sebanyak 18 TPS. Sedangkan, jumlah warga yang memiliki hak pilih di Desa Sukamakmur sebanyak 8.656 jiwa.

“Selama pelaksanaan, alhamdulillah berjalan lancar tanpa ada kendala. Dan saat ini sedang proses penghitungan suara. Kita targetkan hari ini selesai,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Yusup, bagi calon kades atau tim dari calon kades tersebut merasa tidak puas dengan hasil akhir, maka pihaknya siap menerima gugatan dan akan melaksanakan jalur atau mekanisme sebagaimana mestinya.

“Bagi (calon kades) yang merasa tidak puas, silahkan ajukan, tapi dengan mekanisme yang benar. Namun sampai detik ini kami belum mendapat adanya calon kades yang merasa tidak puas,” tandasnya.

(Herry)