Puting Beliung Rusak Rumah Warga di Ciseeng

Ciseeng (Headlinebogor.com) – Hujan disertai angin kencang memporak porandakan empat kampung di Desa Cibeuteung Udik Kecamatan Ciseeng (19/4), diantaranya Kampung Blok Sukun, Cikupa, Cigelap dan Siliwangi.

Kepala Desa Cibeuteung Udik Bambang Indra Gunawan mengatakan, sekitar pukul 15:30 WIB ia mendapatkan kabar dari ketua RT 06 dan RT 07 di RW 04. Saat itu juga ia langsung menuju lokasi untuk melakukan upaya pengamanan warga agar tidak menimbulkan korban.

“Hujannya itu kecil, cuma memang angin dan petirnya besar. Dalam waktu setengah jam saja 100 rumah langsung hancur dan beberapa pohon besar tumbang,” ujarnya kepada Publik Bogor.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, rumah yang mengalami kerusakan terdiri dari rusak berat sekitar 20 persen, sedang 60 persen dan ringan 20 persen. Untuk korban, sebanyak lima orang mengalami luka-luka, diantaranya Minan (40), Ria (7), Mono (49), Mimin (35) dan Ripal (17).

“Para korban merupakan warga RW 04. Alhamdulilah sudah dibawa ke Puskesmas dan telah mendapatkan pengobatan,” terangnya.

Saat ini, lanjutnya, upaya yang dilakukan adalah mengungsikan warga yang terkena dampak rusak berat agar tinggal dirumah saudaranya. Jika tidak memiliki sanak saudara, maka kantor desa akan menjadi pos pengungsian sementara.

“Kebetulan Koramil Parung, Polsek Parung, Satpol PP Kecamatan Ciseeng telah hadir membantu proses evakuasi korban bersama warga sekaligus membersihkan puing-puing rumah serta pepohonan yang tumbang,” terangnya.

 

 

 

 

Wartawan : Elis/publikbogor.com