Select Page

Terungkap, Tersangka Kasus Pungutan Liar Proyek Tol BOCIMI

Terungkap, Tersangka Kasus Pungutan Liar Proyek Tol BOCIMI

Bogor (Headlinebogor.com) – Tersangka kasus penipuan dan pungutan liar dalam pemberian ganti rugi proyek tol Bocimi sudah ditetapkan. Kejadian yang terjadi 7 Oktober 2016 tersebut akhirnya menemukan titik terangnya.

Polisi menetapkan tersangka bernama Anita alias Ita (36). Ia merupakan warga Kampung Pasir Kuda, Desa Watesjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Dalam kasus tersebut, tersangka mengaku sebagai koordinator lapangan yang dibuat oleh Desa Watesjaya, Kecamatan Cigombong.

“Dia mengaku bisa bantu percepat urusan ganti rugi,” kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus.

Bukan hanya itu, ia juga menjanjikan dapat menaikan nilai ganti rugi untuk tanah, bangunan dan tanaman warga yang terkena lintasan tol Bocimi.

Dari sana, warga percaya tersangka dapat melakukannya. Sebab, tersangka mengatakan kepada warga jika mengurus sendiri maka akan sulit. Terutama dalam memenuhi persyaratan yang ada.

“Warga dijanjikan terima beres. Tapi warga harus menyerahkan uang 10 persen dari nilai ganti rugi,” terangnya.

10 persen teresebut diakui tersangka untuk membayar biaya administrasi, korlap, biaya pihak desa dan biaya kecamatan. Tapi, ternyata hal tersebut sama sekali tidak benar

Pihak Desa Watesjaya mengaku tidak pernah menunjuk korlap untuk hal tersebut. Setelah diperiksa, ternyata tersangka telah menerima uang dari sekitar 25 warga.

“Totalnya mencapai 157.870.000 rupiah dan menerima uang tunai sebanyak 12 juta rupiah,” ungkapnya.

Jadi, jika ditotal, tersangka menerima uang sebanyak 169.870.000 rupiah. Ironisnya, uang sebanyak itu digunakannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Atas kejadian tersebut polisi kini tengah melakukan pengembangan dan penyelidikan lebih lanjut. Selain itu, polisi akan melakukan korrdinasi dengan pihak JPU Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor.

“Kami akan selidiki siapa yang terlibat dan menerima hasil uang yang didapat tersangka,” pungkasnya.

 

 

 

(ana/pojokjabar)

foto : Merdeka.com

 

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *