Select Page

Headline Bogor | Wujudkan Smart City, Diskominfo Ajak Perangkat Daerah Selaraskan Renstra

Headline Bogor | Wujudkan Smart City, Diskominfo Ajak Perangkat Daerah Selaraskan Renstra

KABUPATEN BOGOR – Dalam Forum Perangkat Daerah (PD),Senin (25/3), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, kembali ajak Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kabupaten Bogor untuk menajamkan penyusunan Rencana Startegis (Renstra), program pengembangan sistem pemerintah berbasis elektronik untuk lima tahun kedepan. Agar selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Pancakarsa Kabupaten Bogor.

Kadiskominfo Kabupaten Bogor, Wawan Munawar Sidik mengatakan, Pancakarsa Bogor Maju menjadi tanggung jawab Diskominfo yakni mewujudkan smart city, smart village dan pembangunan publik wifi di 40 Kecamatan.

“Melalui forum PD ini kami bisa sharing, dan untuk bisa menyusun renstra yang tepat sasaran. Sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan visi misi Kabupaten Bogor kedepan. Karena membangun smart city, bukan hanya tugas kami. Tetapi perlu dilakukan secara terintegrasi dengan sejumlah PD terkait untuk merealisasikannya,” tegas Wawan.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang), Rustandi menegaskan, Renstra merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Dalam rangka mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bogor lima tahun kedepan. Untuk itu perlu kecerdasan setiap PD dalam memetakan program kegiatan sesuai tugas fungsi kedalam renstra.

“Sehingga kita dapat mengukur output program dan kegiatan yang telah kita susun dalam renstra itu. Mampu memberikan kontribusi terhadap terwujudnya RPJMD lima tahun kedepan. Diharapkan melalui forum ini, kita bisa sama-sama melakukan penyusunan renstra sesuai target yang akan dicapai. Tentunya selaras dengan Pancakarsa Kabupaten Bogor,” tutur Rustandi.

Sementara itu, Direktur E-Government Kemenkominfo RI, Dwi Anggoro menuturkan, untuk membangun Smart City di Kabupaten Bogor. Selain menyiapkan sarana prasarana dan infstruktur berbasis IT. Juga harus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Teknologi Informasi yang berkualitas.

“Pengelolaan Penyelenggaraan pemerintah harus berbasis IT dan terintegrasi satu sama lain. SDM perlu diperkuat, sehingga back office dapat terkoneksi dengan optimal. Karena sesuai dengan RPJMD pusat, peningkatan kualitas SDM harus diperioritaskan,”imbuhnya. (*)

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *