Select Page

Headline Nasional | BPOM Tarik Seluruh Produk Obat Maag dan Asam Lambung Ranitidine

Headline Nasional | BPOM Tarik Seluruh Produk Obat Maag dan Asam Lambung Ranitidine

JAKARTA – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akhirnya menghentikan sementara produksi dan peredaran obat ranitidine terhitung 9 Oktober hingga 80 hari kerja untuk merecall seluruh produk ranitidine.

BPOM telah menguji 10 brand dan 6 brand terindikasi tercemar NDMA, sekaligus membekukan sementara ijin edar kepada brand yg terindikasi tercemar NDMA.

“Kita telah uji 10 brand dan ada 6 brand yang terindikasi tercemar NDMA. Jadi kami memutuskan untuk meng-hold dulu, semuanya kita tarik, ijin edarnya kita bekukan dulu sementara,” jelas Kepala Badan POM, Penny K Lukito.

Sebanyak 67 batch brand produk ranitidine yang dihentikan oleh BPOM. Sediaan ranitidine yang dihentikan tidak hanya dalam bentuk injeksi dan sirup, tapi juga dalam bentuk tablet. Sampai saat ini pengujian masih terus dilakukan.

Sebagai informasi Obat tercemar N-Nitrosodimethylamine (NDMA) dalam pemakaian jangka panjang dikaitkan dengan risiko kanker. Sebenarnya ada takaran NDMA hingga jumlah yang masih bisa ditoleransi, namun hal itu tidak mengurangi kekhawatiran sebagian pasien. Indikasi tercemar jika kadar N-NDMA diatas 96 ng/hari. (*)

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *