Tips Mengatasi Sinusitis yang Bisa Dilakukan di Rumah

(Headlinebogor.com) – Sinusitis adalah penyakit yang sangat umum dan menyerang hampir semua orang. Penyakit sinusitis ini adalah pilek yang menahun tak kunjung sembuh. sinusitis ini disebabkan oleh alergi terhadap udara, suhu dingin, bulu binatang, serbuk sari bunga, debu dan juga penyakit atau makanan tertentu.

Awal terkena sinusitis mungkin memang tidak terlalu diperhatikan, karena biasanya gejala yang muncul memang sangat mirip dengan flu biasa. Jadi, sebelum memicunya terjadinya sinusitis berat maka dilakukan cara pengobatan secara alami dengan dilakukan perawatan dirumah.

Berikut ini ada tiga cara mengobati sinusitis ringan  yang bisa anda lakukan dengan cara perawatan dirumah sebagai berikut:

Bacaan Lainnya

Mengompres Hidung dengan Air Hangat

Sinusitis yang berat bisa menyebabkan aliran cairan dalam hidung terhambat. Hal ini bisa menyebabkan sakit kepala yang buruk. Untuk mengatasi hal ini maka bisa mencoba mengompres hidung dengan air hangat. Anda bisa menuangkan air panas ke dalam mangkuk atau panci kecil. Kemudian ambil handuk atau kain yang lembut dan rendam dalam air hangat. Setelah itu angkat dan letakkan pada bagian antara hidung dan dahi. Anda juga bisa melakukan tehnik uap dengan menguap hidung secara langsung menghadap ke air panas. Cara ini akan membantu mengalirkan cairan dalam hidung.

Melembabkan Hidung

Perawatan lain yang bisa mengobati sinusitis dengan cepat adalah dengan mengalirkan air secara langsung ke bagian dalam hidung. Anda bisa menggunakan sebuah alat yang disebut dengan neti pot. Alat ini akan membantu menyiramkan air ke dalam hidung secara bergantian. Anda bisa menggunakan air yang sudah dicampur dengan sedikit garam dapur. Air akan membantu mengalirkan cairan dalam hidung dan mengurangi sumbatan dalam hidung. Cara ini bisa digunakan jika sinusitis masih dalam tahap awal.

Uap dengan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih mengandung bahan minyak esensial yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan sinusitis. Anda bisa mencoba cara perawatan di rumah dengan cara yang mudah. Ambil mangkuk kecil kemudian masukkan air panas atau air hangat yang masih mengeluarkan banyak uap. Kemudian berikan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air. Uap yang dikeluarkan akan mengandung minyak esensial tersebut. Tempatkan hidung menghadap ke uap dan biarkan cairan atau lendir keluar dari hidung secara alami. Hindari memaksa dengan mengeluarkan cairan dengan mendorong lewat hidung. Jika Anda mengeluarkan lendir secara paksa maka bisa melukai bagian lapisan dalam hidung.

Intinya Sinusitis memang penyakit yang sulit untuk disembuhkan, karena lebih sering kambuh. Namun bukan tidak mungkin anda bisa sembuh dari sinusitis secara total. Jadi, lakukanlah pengobatan secara alami dan menjaga kesehatan menjadi salah satu kunci utama agar sinusitis tidak kambuh. Selain itu jaga kebersihan untuk diri sendiri maupun lingkungan dan jangan lupa untuk memakai masker ketika sedang berada di luar. (Adr)

 

 

 

 

 

Penulis : Aprillia Dwirani

Sumber : Hallosehat.com