AKSI DAMAI TOLAK PERPPU ORMAS DI PUSAT KOTA BOGOR

Bogor (Headlinebogor.com) – Rencana pemerintah untuk membubarkan organisasi yang dianggap mengancam keutuhan pancasila, nampaknya mendapat respon pro kontra di kalangan masyarakat. Khususnya pada kalangan organisasi yang mengatas namakan Islam sebagai pondasi terbentuknya organisasi.

Kamis (20/7), Aksi Damai Aliansi Ormas dan Umat Islam Se-Bogor Raya dilakukan sebagai bentuk penolakan Perpu Ormas yang dilakukan di area Tugu Kujang, Bogor. Aksi yang dihadiri kurang lebih 400 peserta dari 28 organisasi, tidak hanya dilakukan peserta dari Bogor saja. Namun beberapa peserta juga datang dari daerah sekitar Bogor yaitu Jakarta, Depok, Tanggerang dan Bekasi.

Kegiatan ini sendiri dilakukan menyusul keluarnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) soal Ormas. Sekitar kurang lebih 200 personel kepolisian turut hadir untuk mengamankan Aksi dari Aliansi Ormas dan Umat Islam ini.

Dibuka dengan doa dan dzikir bersama yang dipimpin oleh Ustadz Raqim dari Organisasi Ahmad Rasulullah menyuarakan bahwa Organisasi Ormas Persatuan Islam menolak Perppu no. 2 tahun 2017.

Ustadz Dani selaku koordinator Aksi menyatakan “aksi ini diselenggarakan sebagai tindakan mengkritisi pemerintah sekaligus aksi menolak pembubaran ormas-ormas Islam dan untuk mengingatkan seluruh stakeholder bangsa Indonesia agar tetap bersatu. Karena sebenarnya kita tau rezim kita ini sedang tergiring idiologinya ke kiri kirian bahkan liberal. Oleh karena itulah aksi ini untuk mengingatkan bangsa Indonesia jangan sampai terjebak dalam budaya ke kiri kirian bahkan liberal”. Ujar ustadz Dani

Para peserta Aksi juga menilai bahwa penerbitan Perppu No. 2 tahun 2017 merupakan suatu sikap yang keliru dari pemerintah serta dianggap sebagai tindakan rezim dan kebangkitan PKI. “Kami disini menolak karena menilai pemerintah sudah mulai serong dari ajaran ajaran syariah. Tidak ada satupun Organisasi Islam yang melakukan kegaduhan, kekacauan bahkan mengancam kesatuan NKRI tapi mau dibubarkan” pungkas Ahmad pengurus organisasi KAMMI di Bogor.

Dengan ditutup dengan doa bersama, aksi ini berjalan dengan lancar dan damai. Serta lalu lintas di sekitaran area Aksi, Tugu Kujang juga berjalan dengan lancar.

 

Laporan Wartawan : Anugrah Pratista