Select Page

Ini Tips Bima Arya Agar Muda-mudi Bogor Tidak Mudah Gagal Fokus | Headline Bogor

Ini Tips Bima Arya Agar Muda-mudi Bogor Tidak Mudah Gagal Fokus | Headline Bogor

KOTA BOGOR – Sebagai Ketua Dewan Pembina Olahraga Catur Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, membuka kejuaraan catur cepat tingkat nasional Yunior Mandiri Chess Club (YMCC) Cup 2018 di Lippo Plaza Keboen Raya, Sabtu (31/3/2018). Sebanyak 374 atlet ikut andil bagian dalam kejuaraan yang diikuti oleh peserta dari sejumlah provinsi di Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera itu. Kategori yang dipertandingkan antara lain SD, SMP/SMA dan senior atau master.

Dalam sambutannya, Bima Arya mengatakan olahraga catur dalam kondisi saat ini bukan sekedar untuk mencetak juara saja, lebih dari itu untuk membangun karakter seorang anak. “Catur bisa memberi dampak positif pada kecerdasan anak. Anak-anak akan belajar tentang ketekunan dan ketelitian sehingga bisa mendorong generasi yang tidak gagal fokus,” ungkap pria kelahiran Bogor, 17 Desember 1972 itu.

Ia menjelaskan, olahraga tidak melulu harus dengan berkegiatan fisik untuk kebugaran tubuh. Otak juga, kata dia, memerlukan olahraga untuk memelihara kesehatan dan agar kerjanya tetap optimal. “Kita berhadapan dengan generasi yang gagal fokus. Masalah utama bangsa ini sekarang adalah anak-anak yang gagal fokus. Yang memecah konsentrasi adalah keracunan gadget, keracunan games dan keracunan sosial media. Ini berbahaya,” jelasnya.

“Catur menuntut para pemainnya untuk fokus, konsentrasi, adu strategi. Jadi saya yakin, catur ini bukan sekedar untuk mencetak juara tapi untuk membangun karakter sehingga generasi muda bisa fokus, punya strategi, punya taktik,” tambah Bima.

Mengenai potensi catur di Kota Bogor, menurut dia, sangat besar. “Bibitnya banyak. Potensinya bagus. Tinggal bagaimana event-event di perbanyak untuk latihan-latihan atlet kita. Seperti yang dilakukan saat ini kejuaraan tingkat nasional,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua YMCC, Satya Bhakti Parikesit menyatakan, YMCC merupakan komunitas catur yang baru berdiri dua tahun terakhir. “Goal-nya untuk mencetak bibit pecatur yang bisa bersaing dan berpestasi,” katanya.
YMCC Cup 2018 snediri akan berlangsung 31 Maret hingga 2 April 2018 dengan memperebutkan total uang pembinaan puluhan juta rupiah.

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *