Select Page

Kenalkan Budaya, Sangsaka Sanggabuana Adakan Festival Pencak Silat Di Pusat Perbelanjaan | Headline Bogor

KOTA BOGOR – Festival Pencak Silat tahunan yang di selenggarakan Padepokan Sangsaka Sanggabuana tahun ini berbeda dari sebelumnya. Dimana tahun ini dilaksanakan di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bogor dengan mengusung tema “Festival Pencak Silat Tradisi 2018”.

Kegiatan tahunan yang dimotori oleh guru besar Padepokan Sangsakabuana Ki Jatmika Nakamiharja juga sudah dua kali mendapatkan penghargaan Kalpataru dibidang Bambu di hadiri oleh lapisan masyarakat seperti Dandim, Kapolres, Koramil, DPPTSI, IPSI Jawa Barat, BBRP, hingga Anggota Komisi II DPRD Kab. Bogor. Acara yang tujuan untuk dapat membudayakan, dan mempererat hubungan antar sekolah-sekolah ini juga mendapatkan apresiasi oleh pihak mall dengan memberikan fasilitas kegiatan serupa persetiap tiga bulannya.
Saat dimintai keterangan Nandang Suherman selaku Ketua Pelaksana Kegiatan menuturkan, Festival yang di ikuti oleh ratusan Pelajar dari berbagai kota di Jawa Barat seperti Bogor, Sukabumi, Cianjur, DKI Jakarta, dan Banten terbilang meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini peserta yang terjaring mencapai 350 orang dan terbagi dalam 3 kategori, yaitu: Tingkat Usia dini, Pra usia dini, Remaja, Pra remaja dan Mahasiswa.
“Tercatat ada 350 peserta dalam kegiatan kali ini dan menjadi sebuah pembaharuan serta peningkatan dari tahun sebelumya dengan jumlah peserta dan lokasinya. Fesivalnya juga terbagi dalam 3 kategori Tingkat Usia dini, Pra usia dini, Remaja, Pra remaja dan Mahasiswa,” tuturnya
Peserta yang ikut dalam kegiatan ini pun berkesempatan untuk dapat untuk membawa pulang langsung mendali dan piagam penghargaan serta dapat dijadikan sebagai Jalur Prestasi untuk pendidikan lanjutan yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan.
Nandang menambahkan harapannya dengan adanya seni budaya ini dapat lebih tumbuh dan berkembang sehingga tidak tersaingi oleh budaya asing. Serta upaya untuk dapat masuk ke tiap sekolah dan menjadi salah satu mata pelajaran wajib Tradisi Pencak Silat sebagai salah satu tradisi Indonesia.
“Semoga dengan adanya seni budaya ini kami dapat lebih tumbuh dan berkembang sehingga tidak tersaingi oleh budaya asing, serta dapat dilestarikan Pencak Silat dengan dimasukannya kedalam kurikulum sekolah-sekolah,”
KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *