Sambut Hari Kemerdekaan ke-77, IHGMA Lakukan Bersih – Bersih Sungai Ciliwung

KOTA BOGOR – Memperingati HUT RI ke 77 tahun 2022, Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) DPD Bogor Raya menggelar kegiatan Bebersih dibantaran Sungai Ciliwung (Delta 15 Ciliwung) tepatnya di Kelurahan Kedung Halang, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor pada Selasa (16/8).

Kegiatan yang dihadiri Walikota Bogor, Kadis DLH Kota Bogor, Ketua PHRI, Camat Bogor Utara, BPBD serta Komunitas Pecinta Ciliwung ( KPC ) ini mengusung tema ” One Day Without Plastic “. Dan tidak kurang belasan perwakilan Hotel se-Bogor Raya ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang kali pertama dilakukan oleh IHGMA DPD Bogor Raya ini.

“Kegiatan ini kami didasari atas pergerakan bersama dari IHGMA seluruh Indonesia, dan yang khususnya IHGMA di Bogor semuanya mengusung tema tentang “Cleaning Day”. Dan kamipun memutuskan untuk kegiatan cleaningnya di Kali Ciliwung, karena kami merasa tergerak untuk membersihkannya dari segala sampah-sampah disini,” ungkap Sri Endah selaku Ketua IHGMA Bogor Raya pada Selasa (16/8).

Kedepan menurut Sri, kegiatan seperti ini  akan menjadi agenda rutin dan bukan yang terakhir kalinya. Dirinya berharap, semua hotel yang ada di Bogor bisa mengurangi penggunaan berbahan plastik.

“Beberapa hotel di Bogor sudah mulai beralih penggunaan bahan plastik ke bahan yang lebih aman seperti kemasan air mineral, sedotan dan sikat yang sudah menggunakan bahan dari gandum dan tepung tapioka. Dan semoga hal itu bisa menular bagi seluruh hotel di Bogor maupun di seluruh Indonesia, dan dengan langkah kecil ini saya berharap akan membawa perubahan positif bagi yang lainnya,” jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Yuno Abeta Lahay selaku Ketua PHRI Kota Bogor mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk perhatian dari para pengusaha hotel untuk Kota Bogor guna meraih Piala Adipura dalam kepedulian dengan sampah plastik yang begitu melimpah.

” Ini sudah sejalan dengan program yang dicanangan sejak jauh-jauh hari terkait bebas penggunaan dari bahan plastik. Nah momentum memperingati HUT RI ke 77 inilah kita gunakan waktu meskipun sedikit, untuk mencoba peduli dengan lingkungan khusus di Kota Bogor,” harapnya. (*)