Select Page

Headline Nasional | ASN, TNI, Dan Polri Komitmen Netral, Mendagri Ajak Lawan Racun Demokrasi

Headline Nasional | ASN, TNI, Dan Polri Komitmen Netral, Mendagri Ajak Lawan Racun Demokrasi

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mendukung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk menjaga keadilan, dalam kampanye rapat umum Pemilu 2019 secara serentak serta menjaga kenetralan aparatur sipil negara, TNI dan Polri.

“ASN, TNI, Polri sudah bertekad untuk netral. Dan kami menyerahkan semuanya kepada Bawaslu sebagai wasit yang adil dan demokratis sesuai aturan perundang-undangan yang ada,” ujar Tjahyo.

“Kami juga meminta Bawaslu untuk komitmen melarang yang namanya racun demokrasi, termasuk virus – virus demokrasi, yaitu politik uang, kampanye berujar kebencian, dan kampanye yang bersifat SARA, hoaks, dan fitnah. Itu racun demokrasi yang saya kira semua sepakat untuk kita lawan dan hindari,” tambah Tjahyo.

Ketua Bawaslu Abhan menuturkan, memasuki kampanye rapat umum yang dimulai pada 24 Maret, dibutuhkan kesadaran para peserta pemilu untuk menjaga kondisi politik berjalan aman dan damai.

“Memasuki kampanye rapat umum dan iklan di media massa, maka pasti ada potensi yang kompleks kalau tidak ada kesadaran dari peserta pemilu,” ujar Abhan.

Abhan mengajak seluruh elemen masyarakat dan peserta pemilu untuk berikhtiar menciptakan pemilu yang damai, beretika, dan bermartabat.Pendidikan politik untuk masyarakat adalah investasi bagi bangsa Indonesia. Maka perhelatan Pemilu 2019 yang bermartabat dan damai diperlukan.

Erick Thohir yang hadir mewakili TKN menyatakan komitmennya untuk lebih mengampanyekan visi-misi dan program.

“Dan saya rasa, mewakili TKN, dan saya yakin BPN visinya sama untuk saat ini,” ujar Erick.

Sementara itu, Mardani Ali Sera mewakili BPN Prabowo Sandi mengaku gembira dengan deklarasi komitmen bersama dari Bawaslu itu. Ia berkomitmen melaksanakan pemilu yang berkualitas.

“Insyaallah 24 Maret sampai 13 April nanti kita menyaksikan kontestasi karya dan gagasan yang baik,” ujar Mardani. (*)

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *