Select Page

Gelar Buka Puasa Bersama Stakeholder Maritim Nasional, DPP INSA Ingatkan Pentingnya Penegakan Hukum Di Laut Indonesia | Headline Bogor

Gelar Buka Puasa Bersama Stakeholder Maritim Nasional, DPP INSA Ingatkan Pentingnya Penegakan Hukum Di Laut Indonesia | Headline Bogor

JAKARTA – Dalam rangka mempererat tali silaturahim sekaligus mensyukuri kiprahnya yang selalu konsisten dalam bidang pengembangan industri pelayaran di tanah air selama ini, DPP Indonesian National Shipowner’s Association (INSA) menggelar buka puasa bersama.

Agenda yang sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya tersebut bertujuan mempererat tali silaturahim dan keakraban antara seluruh stakeholder Maritim Nasional dengan DPP INSA yang kali ini di gelar di Rumah Imam Bonjol Menteng Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto mengatakan, buka puasa bersama merupakan agenda rutin DPP INSA dalam upaya mempererat silaturahim.

“Buka puasa bersama merupakan agenda rutin DPP INSA dalam rangka mempererat tali silaturahim sekaligus bentuk upaya INSA dalam meningkatkan sinergi dan kerja sama dengan seluruh stakeholder terkait, baik pemerintah maupun dengan Asosiasi pengusaha terkait lainnya dalam rangka menyukseskan program pemerintah menjadikan lautan sebagai basis masa depan bangsa.” ujar beliau

INSA sebagai satu satunya wadah berkumpulnya para pengusaha pelayaran Niaga Nasional Indonesia yang diakui pemerintah, secara rutin dan konsisten aktif dalam memberikan masukan dan sumbang gagasan dalam rangka memajukan Industri pelayaran Nasional.

Salah satunya adalah usulan pembentukan Sea and coast guard yang sudah sangat dibutuhkan demi menghindari terjadinya tumpang tindih kewenangan penegakan hukum di Laut Indonesia.

“Dasar hukum nya sudah ada di Undang Undang Nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran, yang mengamanatkan pembentukan badan tunggal penjaga laut dan pantai Sea and coast guard paling lambat tiga tahun setelah undang undang tersebut disahkan, dan ini menjadi pekerjaan rumah dunia Kemaritiman kita yang perlu mendapat perhatian serius pemerintah dimana sampai saat ini belum terealisasi.” ucap Carmelita

Sinergi antara Pemerintah dan INSA selama ini salah satunya bisa dilihat dari dilibatkannya pelayaran swasta niaga nasional dalam program tol laut dan juga penawaran kerja sama operasi dalam pengelolaan pelabuhan saat ini.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua kadin Indonesia Rosan P Roeslan, Ketua Apindo Haryadi Sukamdani, Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya, pakar hukum Maritim Chandra Motik, dan seluruh pengurus DPP INSA.

Acara ditutup dengan pembagian santunan kepada anak anak yatim yang diserahkan oleh menteri perhubungan Budi Karya Sumadi beserta Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto.

Hery Delly

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *