‘Pasukan Setan’ Yonif 315/Garuda Kembali ke Markas Usai Tugas di Papua

KOTA BOGOR – 400 prajurit ‘Pasukan Setan’ Yonif 315/Garuda kembali ke markas setelah satu tahun melaksanakan tugas di Papua. Para prajurit ini disambut meriah masyarakat yang diiringi defile marching band militer.

Hadir dalam penyambutan, Dandim 0606/Kota Bogor, Wakil Wali Kota, Kapolresta Bogor Kota, hingga ribuan masyarakat menyambut dengan suka cita dan antusias.

Usai upacara penyambutan pasukan pasukan Garuda, Komandan Yonif 315/Garuda Letkol Inf Suryanto bersyukur berkat do’a semua pasukan yang pimpin dapat kembali dengan selamat dan utuh ke home base tercinta.

Bacaan Lainnya

“Target utama kami adalah berangkat lengkap dan pulang pun harus lengkap, kemudian target yang kedua yaitu di daerah penugasan bisa merangkul masyarakat semaksimal mungkin melalui pendekatan-pendekatan teritorial. Kami juga memegang teguh slogan yang diturunkan dari Kolaops dalam hal ini Korem 174/Papua yaitu ‘Baktiku Untuk Papua’ berani untuk melindungi, mencintai harkat serta martabat orang Papua,” ungkap Suryanto.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, arti menjaga dalam hal ini yaitu anggota Satgas Yonif 315 jangan pernah sekalipun menyakiti hati orang papua, jika itu dilakukan maka masyarakat Papua dengan sendirinya akan antipati terhadap anggota semuanya.

” Dalam setiap kegiatan apapun, kami berupaya untuk menarik simpatik masyarakat disana melalui pendekatan teritorial seperti pelayanan kesehatan, bercocok tanam dan juga turut serta memberikan pengajaran terutama di Pos-Pos penjagaan yang jauh dari saran transportasi ke perkotaan sangat kesulitan dan jarang ada pendidik atau pengajar (guru) bagi masyarakat sekitar,” tuturnya.

Satgas Pamrahwan Yonif 315/ Garuda bertugas di wilayah Mimika, Merauke, Mappi dan Asmat. Sejumlah 19 Pos penjagaan tersebar 4 wilayah ini dengan jumlah 20 hingga 30 personil Satgas Yonif 315 yang berjaga disana.

“Alhamdulillah selama bertugas disana belum pernah ada kontak senjata dengan pihak separatis KKB (OPM), paling juga ketika patroli hanya mendengar suara tembakan saja sebagai isyarat bahwa mereka ada diwilayah tersebut,” tandasnya.

Menurut informasi, 400 Satgas Pamrahwan Yonif 315/ Garuda saat tiba di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara langsung disambut Pangdam lll/Slw Mayjen TNl Kunto Arif Wibowo yang didampingi oleh Danrem 061/Sk Brigjen TNI Rudy Saladin. (*)