Penataan Kampung Jakarta Raih Penghargaan Gold World Habibat 2024

Dok. Kampung Akuarium Jakarta /Ist)

JAKARTA – Program penataan kampung Jakarta sa:et penghargaan Gold World Habitat Awards 2024. Penghargaan ini diumumkan organisasi nirlaba internasional World Habitat, sebuah organisasi yang berkomitmen menyediakan rumah layak untuk semua orang, pada Kamis, (4/1).

World Habitat memberikan penghargaan ini kepada program penataan kampung Jakarta karena kisah inspiraasjnya mengenai ketahanan masyarakat dan aksi kolektif.

Melalui rilis resminya, lembaga tersebut mengapresiasi keberhasilan program dalam mencegah penggusuran, memulangkan keluarga yang diusir, dan menciptakan perubahan peraturan kota yang melindungi warga kampung.

Bacaan Lainnya

Direktur Global dari The Shift dan juri World Habitat Awards 2024, Leilani Farha, menyebut program ini sebagai proyek luar biasa yang memberikan ruang bagi warga untuk melakukan advokasi terhadap perubahan hukum dan politik yang signifikan.

Proyek penataan kampung ini diakui berakar kuat pada pendekatan hak asasi manusia, dengan fokus pada perubahan sistemis, keterlibatan masyarakat, dan jaminan kepemilikan lahan.

Kepala Eksekutif World Habitat, David Ireland, menyebut proyek Hak Perumahan di Jakarta berhasil membangun kepercayaan masyarakat berisiko dan membekali mereka dengan alat, pengetahuan, dan jaringan solidaritas.

Menurut David, hal tersebut menjadi kunci untuk masyarakat menuntut hak perumahan yang menjadi hak mereka.

Meskipun tidak secara spesifik menyebutkan nama program, World Habitat merujuk pada program Kampung Susun Akuarium di Penjaringan Jakarta Utara. Program ini diadvokasi oleh Jaringan Rakyat Miskin Kota Jakarta, Rujak Center for Urban Studies, dan Urban Poor Consortium.

Kampung Susun Akuarium sendiri merupakan program perumahan yang diresmikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 2021, sebagai respons terhadap penggusuran di era kepemimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama pada 2016.

Pemukiman susun ini memainkan peran krusial dalam memberikan solusi perumahan inovatif dan efektif bagi masyarakat Kampung. (*/DR)