Penjelasan BPOM Terkait Viralnya Beras Plastik di Medsos

(Headlinebogor.com) – Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) RI menyatakan bahwa beredar video beras plastik di media sosial adalah Hoax.

Hal ini disampaikan melalui akun resmi Twitter milik BPOM RI, Jum’at (25/08/2017).

Dalam akun Twitter-nya, Badan POM menerangkan hasil pemeriksaan setalah melakukan penelusuran terkait beredarnya beras plastik ke tempat dimana nasi yang diterangkan dalam video berdurasi 1.25 menit tersebut.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa poin yang menjadi catatan Badan POM RI diantaranya:

  1. Hasil pemeriksaan terhadap contoh beras tidak ditemukan indikasi beras tersebut mengandung plastik pada tahun 2015 terdapat isu yang sama,” tulisnya.
  2. Konsumen perlu mengetahui bahwa tekstur nasi dipengaruhi komposisi komponen penyusun Pati dalam butir beras yaitu amilosa dan amilopektin kadar amilopektin tinggi mempengaruhi tekstur lengket atau pulen nasi sehingga nasi dapat sehingga nasi dapat dikepal menyerupai bentuk bola kemudian.
  3. Kepada masyarakat dihimbau agar menjadi konsumen yang cerdas serta tidak Mudah terpengaruh oleh isu yang beredar di media sosial.

Diketahui sebelumnya, di video tersebut dijelaskan ada dua orang wanita disebuah perusahaan yang melakukan perekaman video dan berbicara selama mereka membuktikan bahwa nasi yang mereka pesan dari salah satu rumah makan Padang di Jakarta Pusat.

Disaksikan, satu orang wanita mengepal-ngepal nasi putih kemudian dipantulkan pada sebuah meja alhasil, nasi tersebut memantul dan mereka menyimpulkan bahwa nasi tersebut terbuat dari beras plastik.