Tentang Normalisasi Dengan Israel, Fadli Zon Desak Israel Tunduk Pada Putusan ICJ

Dok. Ketua BKSAP DPR RI - Fadli Zon/X/@fadlizon)

JAKARTA – Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon, mengeluarkan pernyataan tegas menentang gagasan normalisasi hubungan dengan Israel. Menurutnya, langkah ini dianggap menghambat perdamaian dan kemerdekaan Palestina.

Dalam keterangannya, Fadli Zon mengecam sikap abai Israel terhadap resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB yang menyerukan gencatan senjata selama bulan Ramadan, termasuk pembebasan tahanan dan kemudahan akses bagi bantuan kemanusiaan.

“Israel tidak memiliki niatan untuk patuh pada hukum internasional termasuk resolusi-resolusi PBB. Bahkan, Israel terus menjadikan kelaparan sebagai senjata perang. Ini sangat ironis dan memalukan bagi dunia internasional,” kata Fadli.

Bacaan Lainnya

Fadli juga menyayangkan sikap Amerika Serikat (AS) yang menggunakan hak veto untuk menggagalkan usulan Palestina sebagai Anggota Penuh PBB pada Sidang DK PBB, 18 April 2024 lalu. Padahal, lembaga tersebut dibuat untuk menciptakan perdamaian.

Dengan tegas, Fadli mendesak seluruh pihak untuk menggunakan diplomasi total dengan mengerahkan segala kemampuan demi menghentikan kolonialisasi Israel di tanah Palestina. Termasuk menghentikan genosida di Gaza dan memaksa Israel tunduk pada hukum internasional.

“Tujuan jangka pendek yang harus diraih adalah bagaimana menciptakan gencatan senjata dan memaksa Israel tunduk pada putusan sementara atau provisional measures Mahkamah Internasional (ICJ),” tandasnya. (*/DR)