Aksi Serentak di 172 Kampus Muhammadiyah: Bela Palestina dan Kutuk Israel

Dok. Flayer Aksi Bela Palestina Universitas Muhammadiyah Jakarta/IG)

JAKARTA – Hari ini, Selasa, 7 Mei 2024, sebanyak 172 kampus Muhammadiyah di seluruh Indonesia bersatu dalam aksi bela Palestina dan kutuk Israel.

Melalui koordinasi Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (FR PTMA), aksi ini diselenggarakan dalam tiga zona waktu, menyesuaikan dengan geografi Indonesia.

Pukul 10.00 WIB, kampus di wilayah barat mulai melaksanakan aksi tersebut, diikuti oleh kampus di Indonesia Tengah pukul 11.00 WIB, dan wilayah Timur Indonesia pukul 12.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Aksi ini tidak hanya melibatkan mahasiswa, tetapi juga melibatkan seluruh civitas academica, termasuk dosen dan tenaga kependidikan.

Sekretaris Umum FR PTMA, Prof Ma’mun Murod Al-Barbasy, menegaskan bahwa tujuan aksi serentak ini adalah untuk menghentikan perang di Gaza dan memaksa Israel untuk menerima gencatan senjata.

“Dengan melakukan aksi ini, kita ingin menyeret Netanyahu (PM Israel) ke ICC (International Criminal Court),” ujar Ma’mun, Selasa (7/5)

Lebih lanjut, Ma’mun menjelaskan bahwa aksi serentak ini diharapkan dapat menggugah seluruh pihak, terutama negara-negara yang selama ini mendukung Israel.

“Aksi ini diharapkan dapat menyadarkan Inggris, Amerika, dan Prancis bahwa sikap mereka dalam membela Israel sangatlah salah,” tambah Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta itu. (*/DR)