Hadapi Gugatan Praperadilan Firli Bahuri, Kapolri Instruksikan Ini

Dok. Kapolri - Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Humas Polri)

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa proses hukum terhadap Firli Bahuri dalam kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), tetap berjalan.

Dimana Firli sebelumnya diberhentikan sementara sebagai Ketua KPK setelah menjadi tersangka dugaan pemerasan terhadap SYL. Dan telah mengajukan gugatan praperadilan terkait penetapanny tersebut.

Kapolri Sigit Prabowo menginstruksikan jajaran Polda Metro Jaya untuk mempersiapkan diri menghadapi gugatan praperadilan yang diajukan oleh Firli Bahuri.

Bacaan Lainnya

“Kemarin sudah disampaikan bahwa ada tahapan praperadilan yang akan ditempuh. Tentunya juga dari penyidik juga harus mempersiapkan dengan sebaik-baiknya,” kata Sigit.

Proses persiapan ini dilakukan untuk memastikan bahwa penyidikan yang telah dilakukan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

“Sehingga kemudian pada saat proses itu berjalan, penyidikannya bisa dipertanggungjawabkan. Saya kira itu normatif ya. SOP-nya memang demikian,” jelas Kapolri dikutip, Selasa (28/11).

Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto, sebelumnya telah menyatakan bahwa Polda Metro Jaya telah membentuk tim khusus untuk menanggapi gugatan praperadilan yang diajukan oleh Firli Bahuri.

Tim ini, yang terdiri dari Bidang Hukum Polda Metro Jaya, akan bertugas melawan gugatan tersebut di meja hijau. Polda Metro Jaya berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap langkah yang diambil sesuai dengan hukum dan dapat dipertanggungjawabkan. (*/DR)