Kapolri Pastikan Penempatan Endar Priantoro Sebagai Komitmen Penguatan KPK

Dok. Kapolri - - Jenderal Listyo Sigit Prabowo - - /Ist*)

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan institusinya berkomitmen memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan tetap mempertahankan Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

Menurut Listyo, Ia khawatir apabila Endar juga ikut ditarik seperti mantan Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Irjen Karyoto justru akan melemahkan KPK.

“Yang jelas Polri berkomitmen untuk memperkuat KPK. Kalau dua orang kita tarik justru melemahkan KPK,” ujar Sigit kepada wartawan, Rabu (5/4).

Bacaan Lainnya

Listyo memastikan sebelum Endar mendapati penugasan di luar struktur, yang bersangkutan telah lebih dahulu melewati proses seleksi yang cukup ketat di KPK.

“Brigjen Endar tentunya ditempatkan di KPK dengan melalui proses open bidding yang cukup berat yang tentunya bersaing dengan beberapa calon lain dan tentunya terpilih,” tuturnya.

Selain itu, Listyo juga menyerahkan sepenuhnya kepada Endar terkait pelaporan yang dilakukan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri ke Dewas KPK. Ia menilai langkah itu dilakukan Endar dalam kapasitasnya sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

“Saat ini beliau mengambil langkah itu, kami melihat itu adalah urusan internal Brigjen Endar sebagai anggota KPK dengan KPK. Sehingga nantinya bisa diselesaikan dengan mekanisme internal yang ada di sana apakah itu dari inspektorat atau dari Dewas,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pimpinan KPK memberhentikan dengan hormat Direktur Penyelidikan Brigjen Endar Priantoro lantaran masa penugasannya telah habis per 31 Maret 2023. KPK enggan memperpanjang masa penugasan Endar sebagaimana permintaan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (*/DR)