Panglima TNI Tunjuk Dokter Forensik Terbaik RSPAD Bantu Autopsi Ulang Brigadir J

Dok. Panglima TNI, Andika Perkasa / Istimewa

JAKARTA – Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa meminta dokter F. Dokter Forensik Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) yang akan dilibatkan autopsi ulang jasad Brigadir J untuk menjaga integritas dan keilmuan untuk mengungkap penyebab kematian Brigadir J.

“Ya saya akan menitipkan pesan bahwa jaga kredibilitas kita jaga integritas dan seterusnya,” tutur Panglima TNI kepada awak media di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (24/7).

Ia juga berpesan kepada dokter F, untuk mengedepankan objektivitas, sebab penunjukannga merupakan permintaan Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI) secara langsung.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, Panglima TNI memberikan informasi perkembangan soal permintaan dari PDFI terkait keperluan autopsi ulang jasad Brigadir Yosua alias Brigadir J. Dan pihaknya telah menyetujui permintaan perbantuan autopsi ulang dari PDFI itu yang menunjuk dokter F dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD).

“Tapi yang jelas dipilih oleh perhimpunan dokter forensik karena memang punya kompetensi, dokter F. Ini dari RSPAD,” kata Panglima TNI.

Panglima juga masih membuka ruang jika masih dibutuhkan bantuan tambahan sumber data manusia (SDM) atau hal lainnya menyangkut autopsi ulang Brigadir J.

“Satu saja yang diambil kami siap, mau tambahannya pun ada. Yang jelas kami siap, kami siap karena memang kami punya sumber daya manusia-nya. Kami juga punya rumah sakitnya seandainya diperlukan,” ungkapnya.

(DR)