Bongkar Lingkar Dramaga ; 30 Tahun Dikubur, Enam Jenazah Masih Utuh

Proyek Jalan Lingkar Dramaga (JLD) kembali dilanjutkan. Proses pembebasan lahan pun digeber, termasuk pemindahan makam umum di Kampung Manggis, RT 03/04, Desa Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

Warga yang ikut dalam relokasi ini pun dikejutkan dengan enam jenazah yang jasadnya masih utuh meski sudah dikubur 30 tahun, Selasa (11/07/2017).

Warga dan tim penggali makam dikejutkan oleh enam jenazah yang kondisinya masih lengkap meski telah dikubur puluhan tahun. Bahkan, kain kafan yang membungkus jasadnya pun masih tampak baru.

Mereka adalah Mbah Rojak, Mbak Mukri, Iyos, Isah, Cacih dan Nami. Saat tanah makam digali, warga kaget bukan kepalang melihat tak ada bagian tubuhnya yang hilang.

Koordinator Lapangan Fatah (43) menuturkan, jenazah itu terdiri dari empat orang dewasa dan dua anak kecil yang merupakan warga asli Dramaga. Sebelum melakukan pemindahan makam, pemerintah desa (pemdes) bersama ahli waris makam bermusyawarah.

Akhirnya mereka bersedia makam keluarganya dipindahkan ke Kampung Tanjakan, RW 05, seluas 1.200 meter yang dibeli pemerintah daerah (pemda).

 

sumber :pojokjabar.com