Select Page

Ragam | Kampoeng Bamboe Bogor – Wisata Edukasi, Dekatkan Anak Dengan Alam

Ragam | Kampoeng Bamboe Bogor – Wisata Edukasi, Dekatkan Anak Dengan Alam

RAGAM – Wisata edukasi alam kini kembali menjadi trend. Setelah era teknologi melanda, membuat anak-anak usia sekolah lebih dekat dengan gadget dan berada di dalam ruangan selama seharian, beberapa pengelola tempat wisata mulai mengembangkan wisata ini.

Wisata edukasi alam yang dikembangkan merupakan jenis wisata yang dekat dengan kehidupan sehari-hari namun tidak pernah dilakukan oleh anak-anak yang berada di kota besar. Seperti bercocok tanam, berkebun bahkan beternak.Trend wisata edukasi alam seperti ini banyak terdapat di Kota Depok dan Kabupaten Bogor di mana masih terdapat lahan yang luas yang disulap menjadi lahan pertanian dan peternakan. Misalnya Kampung bamboe yang berada di Kampung Selaawi, Desa Ciburayut, Cijeruk Kabupaten Bogor dapat menjadi alternatif wisata keluarga anda. Lokasinya yang berada di jalur Ciawi Sukabumi membuat tempat ini mudah diakses dengan kondisi jalan beraspal mulus. Ada dua alternatif rute yang bisa anda pilih dengan kendaraan pribadi:

  1. Rute Ciawi – Sukabumi, Rute ini rawan macet karena anda harus menyusuri Jl. Raya Ciawi – Sukabumi selepas pintu tol Ciawi. Setelah melewati jembatan besar dan SPBU serta pos polisi di kanan jalan, anda akan tiba di pasar Caringin dan berbelok ke kanan ke arah Desa Ciburayut. Telusuri jalan ini hingga menemui rel kereta api dan Indomaret. Jika anda sudah menemukan SDN Ciburayut, anda akan melihat papan nama kecil Kampung Bamboe dan segera berbelok ke kanan. Dari pertigaan ini menuju lokasi hanya tinggal kurang lebih 5 km dengan tanda mesjid indah di depan Kampung Bamboe.
  2. Rute pintu tol Bogor Setelah keluar dari pintu tol Bogor, belok kanan ke arah Tajur, sampai bertemu lampu merah pertama kemudian belok kanan ke samping istana Batu Tulis. Lewati rel kereta api dan jembatan sungai besar ke arah Cihideung dan anda akan melewati kantor kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor. Telusuri jalan hingga menuju ke desa Ciburayut dan menemukan SDN Ciburayut kemudian belok kiri.

Lokasi Kampung Bamboe berdampingan dengan sebuah masjid yang bernama Abdurrahman bin Auf yang merupakan bagian dari kawasan wisata ini. Obyek wisata Telaga Malingping juga berada bersebelahan dengan Kampung Bamboe.Di bagian depan anda akan menemukan bangunan unik yang merupakan pos satpam serta area parkir motor berada di sebelah kiri pos dan area parkir mobil berada di sebelah kanan.

Bagi rombongan atau keluarga yang membawa sopir, Kampung Bamboe menyediakan penginapan khusus yang berada tidak jauh dari pos satpam.Kampung Bamboe dengan mottonya Berlibur, Bermain, Belajar Dalam Nuansa Pedesaan menghadirkan aneka permainan dan penginapan dengan unsur alam. Tersedia beberapa tipe penginapan seperti:

  1. Hotel Kampung Bamboe dengan panorama Gunung Salak dan Gunung Pangrango. Hotel ini cocok bagi anda yang ingin menikmati suasana Kampung Bamboe namun tidak ingin direpotkan dengan membawa banyak barang karena semua fasilitas tersedia di sini.
  2. Rumah Bambu dengan nama sesuai jenis bambu seperti bambu betung, bambu andong dan bambu tali dengan kapasitas 4 orang. Bambu haur koneng dan haur hejo mempunyai kapasitas 2 orang.
  3. Rumah Arwana dan Koi yang memiliki kapasitas 4 orang.
  4. Rumah Sawah dengan kapasitas 12 orang.
  5. Barak Paintball dengan kapasitas 18 orang. Barak ini berupa tiga kamar besar dengan 6 buah matras dan TV di setiap kamarnya dengan panorama kolam renang. Tidak jauh dari barak ini terdapat arena paintbal dengan biaya Rp.200.000,00 per orang.
  6. Camping Ground dengan fasilitas lengkap mulai dari tenda, sleeping bag dan lentera. Area kemping berada di dekat sawah dan lahan terbuka dengan view gunung sehingga pada pagi hari anda akan disuguhi keindahan panorama matahari terbit.

Setiap tipe penginapan mendapatkan sarapan gratis dan paket outbond. Kelebihan orang dalam setiap villa akan dikenakan biaya untuk extra bed, sarapan dan kegiatan outbond. Bagi anda yang ingin disediakan makan siang, malam dan penganan dapat menghubungi petugas dengan dikenakan tambahan biaya.

Selain hotel, penginapan ini tidak dilengkapi dengan AC. Karena suhu udara di tempat ini pada malam hari sangat dingin.Bagi anda yang ingin melakukan kegiatan singkat tanpa menginap, tempat ini menyediakan paket dengan fasillitas berupa aula pertemuan, sarana outbond, wahana taman sesat, serta pengenalan pertanian, perkebunan dan perikanan yang menarik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Kegiatan outbond merupakan fasilitas utama yang diberikan di Kampung Bamboe. Setiap anak bisa bermain di area outbond yang selalu diawasi oleh petugas tempat wisata. Selain itu tersedia juga lapangan sepakbola lumpur, futsal alam dan track lintas desa. Area kolam renang, seluncur air dengan panjang mencapai 208 meter yang mengelilingi kompleks Kampung Bamboe dan wahana ATV menjadi wahana berbayar menarik yang akan menambah keseruan liburan anak-anak.

Paket arung jeram menyusuri Sungai Cisadane juga tersedia di sini bagi anda dan keluarga dengan biaya yang disesuaikan dengan jarak tempuhnya. Untuk paket Family jarak yang ditawarkan adalah 7 km dengan biaya Rp. 200.000,00 per orang. Sedangkan untuk paket Great Adventure akan menempuh jarak 12 km dengan biaya Rp.250.000,00 per orang.Wisata pertanian dan perkebunan jangan sampai anda lewatkan.

Tempat ini memberikan anda kesempatan untuk merasakan membajak sawah dengan kerbau, menanam bibit padi dengan jarak tertentu bagi anak-anak dan orang dewasa.Selain itu, terdapat lahan perkebunan di mana anda bisa membeli sayuran dan buah-buahan yang anda petik sendiri dengan kesegarannya yang masih terjaga. Area peternakan menjadi tujuan wisata berikutnya. Di sini terdapat area kandang rusa, kelinci, kambing serta ayam.

Ayam yang diternakkan di sini adalah ayam serama, ayam ketawa dan ayam cemani yang juga diperjualbelikan. Area kandang burung dan memberi makan menjadi pengalaman menarik bagi anak-anak. Dengan membayar Rp.50.000,00 anak-anak akan masuk ke dalam kandang burung dan belajar cara memberi makan dengan dipandu oleh petugas.

Bagi bapak-bapak yang hobi memancing, tersedia kolam pemancingan ikan mas dengan biaya Rp.35.000,00 per kilonya dengan suasana hijau yang asri dan teduh. Ikan-ikan tersebut bisa dibakar sesuai permintaan dengan dikenai biaya tambahan.

Pada malam hari, bagi rombongan yang ingin mengadakan kegiatan api unggun, disediakan lahan khusus yang bisa sekaligus dijadikan tempat membakar jagung. Anda hanya perlu memberitahu pada petugas layanan apa saja yang anda butuhkan selama berada di Kampung Bamboe.

Di pagi hari anda bisa mencoba petualangan lintas desa dengan menelusuri jalan setapak yang penuh lumpur di pematang sawah dengan pemandangan gunung dari kejauhan dan pepohonan di sekitar villa. Kegiatan ini akan mengingatkan anda pada jasa petani yang setiap hari bergulat dengan sawah.

Kampung Bamboe menjadi alternatif wisata yang menyeluruh di mana selain berekreasi anda juga akan mendapatkan pembelajaran dan mengalami langsung kehidupan pedesaan yang sederhana yang selama ini hanya bisa dilihat di layar televisi. Tips Wisata:

  1. Penginapan dan fasilitas yang ada di Kampung Bamboe dimaksudkan untuk kegiatan bersama-sama. Semakin banyak orang maka permainan di tempat ini makin mengasyikkan.
  2. Perhitungkan biaya yang akan anda keluarkan jika anda akan menggunakan wahana berbayar sehingga liburan anda tetap terasa nyaman dan menyenangkan.

Sumber : Traveloka

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *