Headline Jakarta | Sambut HUT Jakarta ke 494, Ancol Hadirkan Ondel – ondel Underwater

JAKARTA – Ondel-ondel telah banyak dikenal oleh kalangan masyarakat di Jakarta dan sekitarnya. Dimasa lalu Ondel-ondel atau barongan digunakan untuk sebagai penolak bala atau wabah penyakit.

Kini keberadaannya kerap ditemui di berbagai acara pernikahan dan khitanan masyarakat Betawi maupun sebagai dekorasi di kantor instansi Pemerintahan Ibu Kota Jakarta, bahkan ada monumen ondel-ondel di salah satu kawasan Jakarta.

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Jakarta ke-494, masyarakat dapat melihat Ondel-ondel di tempat yang tidak biasa, yaitu di dalam akuarium besar Ocean Dream Samudra.

Bacaan Lainnya

Ondel-ondel underwater merupakan salah satu pertunjukan unik yang dapat disaksikan oleh masyarakat secara daring/online maupun secara langsung oleh pengunjung Ocean Dream Samudra Ancol. Disajikan secara unik sebagai upaya memeriahkan hari jadi Ibu Kota Jakarta sekaligus untuk menghibur warga masyarakat didalam masa pandemi ini.

Rika Sudranto, Vice President Tirta Taman Impian Jaya Ancol mengutarakan bahwa hadirnya pertunjukan Ondel-ondel dalam air sebagai salah satu cara untuk memperingati ulang tahun Jakarta ke-494. Dengan bertambahnya usia Ibu Kota Jakarta diharapkan semakin membawa keberkahan dan warganya lebih sejahtera.

Hadirnya penampilan unik Ondel-ondel dalam air sebagai upaya meningkatkan awareness dan pesan moral terhadap kearifan lokal serta keseimbangan alam tetap harus terjaga dengan baik. Tidak kalah penting didalamnya juga terdapat pesan untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar kita dapat sama-sama melewati pandemi dengan selamat.

Melibatkan 4 orang penyelam dan 2 orang ballerina air, pertunjukan ini dapat disaksikan pada 22, 26 dan 27 Juni 2021, pukul 12.30 dan 14.30 WIB secara langsung dengan jumlah yang terbatas dan juga disiarkan secara daring/online melalui akun Instagram resmi @ancoltamanimpian dan channel Youtube Ancol Taman Impian sehingga tetap dapat disaksikan di rumah saja.

Akan ada sepasang Ondel-ondel laki-laki dan perempuan dengan diameter 120 cm dan tinggi 230/240 meter yang akan menyelam di akuarium underwater teater Ocean Dream Samudra Ancol. Dalam rangkaian kegiatan ini Manajemen Ancol juga mendapat dukungan dari Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). (*)