Select Page

Pemerintah Kabupaten Bogor Usulkan Pembuatan Museum Bawah Tanah

Pemerintah Kabupaten Bogor Usulkan Pembuatan Museum Bawah Tanah

Cibinong (Headlinebogor.com) – Pemerintah Kabupaten Bogor akan mengusulkan pembuatan museum bawah tanah dilahan PT Antam Tbk, UBPE Pongkor.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Adang Suptandar mengatakan, yang terpinting saat ini bagaimana memberdayakan masyarakat yang mengais rezekinya dari sektor tambang dan beralih ke sektor wisata.

“Masyarakat di sana itu harus diberikan pelatihan tentang wisata, sehingga ketika pengoperasian tambang pongkor berhenti mata pencaharian masyarakat bisa tetap berjalan dari sektor wisata,” kata Adang usai menghadiri Konsultasi Publik Rencana Pasca Tambang PT Antam Pongkor di Gedung Serbaguna I, Sekretariat Daerah, Kabupaten Bogor pada Rabu (15/3/2017).

Saat ini, sambung Adang, pihaknya mengusulkan untuk lokasi tambang di kawasan gunung pongkor itu dibangun wisata berbasis tambang.

“Jadi seperti museum, agar bisa mengajak masyarakat masuk ke dalam lubang-lubang bekas pertambangan emas PT Antam,” tambahnya.

Senada dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor, Rahmat Surjana yang berharap kawasan tambang yang berada di Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor itu bisa menjadi lokasi wisata yang bisa menarik wisatawan.

“Iya nanti kami inginnga pengunjung itu bisa berwisata masuk ke lubang bekas tambang emas menggunakan kereta tambang,” ungkapnya.

Tak hanya itu, kata dia, didalam lubang bekas tambang itu juga rencananya akan dibuat tempat kuliner sehingga suasana berbeda dengan ditempat lain.

“Rumah penduduk disana juga konsepnya dibuat home stay yang bisa digunakan tempat menginap bagi wisatawan,” tukasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Masa operasional tambang PT Aneka Tambang (Antam) Tbk, UBPE Pongkor akan habis ditahun 2021 mendatang.

Hal itu dikatakan Vice President Post Mining PT Antam , Hikmat Gunantara saat Konsultasi Publik Rencana Pasca Tambang PT Antam Pongkor di Gedung Serbaguna I, Sekretariat Daerah, Kabupaten Bogor pada Rabu (15/3/2017).

Menurutnya, saat ini yang perlu dipikirkan bagaimana langkah kedepan setelah tambang emas di pongkor itu selesai.

“Berdasarkan Izin Usaha Pertambangan (IUP) UBPE Pongkor akan berakhir pada tahun 2021 nanti, tentunya ini perlu perencanaan yang matang setelah pasca tambang berakhir,” kata dia.

Setelah tahun 2021, masa aktifitas pertambangan di kawasan Antam akan berhenti total sehingga perlu dipikirkan bagaimana rencana pasca tambang itu selesai.

 

Baca Juga : Tahun 2021 Tambang Emas Di Pongkor Habis

 

 

Wartawan : Damanhuri/Tribunnewsbogor.com

KOMENTAR

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *